Manfaat Coklat untuk Tubuhmu

Kamu pecinta coklat seperti aku? Sepertinya hobi makan coklatmu harus kamu lanjutkan. Kenapa? Karena ternyata manfaat coklat sangat beragam dan baik untuk kesehatan tubuh. Coklat adalah makanan yang dihasilkan dari olahan buah kakao, yang awalnya digunakan sebagai hadiah di hari raya. Tapi kini coklat bisa kita temui di mana saja dengan brand dan jenis yang bermacam-macam.

photo source : http://www.bogor.net

photo source : http://www.bogor.net

Selain dipercaya membuat orang merasa bahagia saat mengkonsumsinya, ternyata coklat juga punya banyak manfaat lainnya jika dikonsumsi secara rutin dengan jumlah tertentu. Kandungan flavonoid dalam coklat dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan juga mencegah terjadinya serangan jantung. Selain itu coklat juga berguna untuk meningkatkan gairah, bahkan penelitian mengatakan bahwa penyuka coklat cenderung memiliki libido yang lebih baik dibanding mereka yang tidak menyukai coklat.

Meskipun banyak yang mengatakan memakan coklat membuat seseorang menjadi gemuk, namun para ahli justru berpendapat sebaliknya. Salah satu manfaat coklat adalah dapat menurunkan berat badan. Mengkonsumsi coklat dapat memenuhi kebutuhan kalori untuk tetap aktif, maka secara alami makan atau minum coklat dalam jumlah cukup dapat menggantikan kebutuhan seseorang untuk mengkonsumsi makanan lainnya. Coklat juga dapat dijadikan obat pertolongan pertama pada orang yang terkena diare. Kandungan flavonoid dalam coklat dapat mengikat protein dalam usus dan membantu menyembuhkan diare.

Manfaat coklat juga dapat dirasakan bagi para ibu hamil. Berdasarkan penelitian yang di lansir dalam jurnal Annals of Epidemiology, zat theobromine pada cokelat dapat menghindarkan ibu hamil dari keadaan pre-eklampsia. Seperti yang kita ketahui pre-eklampsia adalah keadaan yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup ibu dan bayi, maka dari itu ibu hamil bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi coklat secara rutin.

Kini, selain untuk dimakan coklat juga dimanfaatkan untun perawatan tubuh. Sudah tidak aneh lagi jika kita menemukan coklat dalam produk-produk perawatan kulit, wajah dan rambut. Aroma coklat yang khas membuat perawatan dengan menggunakan coklat akan membuat seseorang merasa lebih rileks.

Jadi, jika kamu pecinta coklat, jangan khawatir lagi dengan mitos-mitos buruk tentang coklat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *